Halaman

01 Maret 2012

Membuat fitur readmore/baca selengkapnya

salah satu faktor yang mempengaruhi pembaca blog untuk 'menikmati' artikel di sebuah weblog adalah kenyamanan dalam membaca artikel. satu hal yang dapat menyebabkan apakah sebuah blog 'enak dimakan' atau tidak adalah jumlah artikel yang tampil dan panjang artikel yang ditampilkan. jika jumlah artikel yang ditampilkan pada satu halaman sangat banyak dan atau ukuran panjang artikel terlalu panjang sehingga mengharuskan pengunjung untuk melakukan scrolling lebih dari satu kali maka bisa dikatakan bahwa blog tersebut tidak nyaman untuk dinikmati coz scrolling akan meyebabkan mata cepat lelah.
nah, untuk mengatasi hal tersebut (tampilan artikel terlalu panjang) maka perlu dimanfaatkan fitur readmore yang telah disediakan oleh blogspot. berikut caranya ... ;)

  1. tulislah artikel minimal menjadi 2 paragraf
  2. pada paragraf pertama tulislah intro/tulisan pendahuluan yang dapat membangkitkan keingintahuan pembaca tentang artikel yang dibacanya menjadi lebih besar (gunakan metode persuasif/membujuk), dengan demikian pembaca jadi tertarik untuk melanjutkan bacaannya
  3. pada akhir paragraf silahkan masukkan fitur 'insert jump break'


  4. ubah teks readmore menjadi 'baca selengkapnya'
    tadaaa ... akhirnya fitur baca selengkapnya muncul dah
    selamat melakukan blogging ;)
| Bonus 1 | Bonus 2 |

Tidak ada komentar: